Wednesday 22 August 2007

The new begining....(Part 1)

Semuanya mulai dengan bosan, waktu itu saya ditengah2 kejenuhan akan pekerjaan saya di suatu lembaga konsultasi pendidikan, sampai pada tahap dimana pergi ke kantor supaya ketemuan ama teman-teman saja atau untuk mengisi waktu.

Waktu jam makan siang saya membaca koran lokal dan disana ditulis lowongan untuk PO-Education untuk islamic school. Waktu membaca lowongan itu saya pikir ini sangat menarik walaupun jujur saja saya gak ngeh apaan seh ini. Dan saya tulis email lalu kirim. Kira-kira seminggu kemudian saya ditelpon oleh M'Diny(SPO saya di pontianak) dan disuruh datang ke kantor (yang saya yakin banget...alamatnya kan di komplek perumahan gitu).

Pergilah saya ke kantor itu (masih ingat jam 9 pagi, saya pakai baju warna ungu yang sekarang hilang entah kemana), pas di depan kantor itu, saya di cegat ama security yang kayaknya terkaget-kaget lihat saya(mungkin rambut spiky saya yang warnanya memang shocking itu, ada hint brown gold dan copper blonde....bayangin aja....wuiahahahhahaaha), terus belum lagi saya sibuk banget komplain kok gak ada tempat parkir mobil sih...

Masuklah saya ke ruang tunggu, and ketemu ama m'ningsih(yang dengan mata terbelalak nawarin saya minum....) terus diseblah saya duduk 2 orang yang modelnya bener2 mahasiswa IAIN or guru agama(tanpa mendiskreditkan mereka ya, malahan saya jiper...please deh what do i know about islamic education)- terus mereka tanya nama, tanya pengalaman (yang saya ingat yang satu guru di madrasah yang lagi ambil s2 pernah kerja di IOM, yang satu lagi mahasiswa IAIN yang juga kebetulan ngajar di Madrasah...), tentu saja saya mau teriak dan bilang "what did i do..gila ya....udah gua mau cabut aja"

Dan ketika melihat orang-orang itu keluar dari ruangannya bu Nuri, saya bisa lihat mereka yakin banget. Datanglah giliran saya, masuk ke ruangan itu saja sudah menyeramkan. Bayangin disana sudah duduk Bu Nuri, Mbak Dinya(yang dua2nya pake kerudung dan kelihatan amat sangat professional) lalu ada Bu Mandy. Mereka lihat saya aja kayaknya udah sangsi berat gitu...lalu pertanyaan demi pertanyaan terucap...masih ingat banget ditanyain tentang advokasi dan denga sukses saya malah nanya balik (ke bu Mandy.."what is advocacy?never heard that word before ")

Berikut keluar dari ruangan, saya disuruh test tertulis, and pertanyaannya tentang perubahan apa yang akan saya lakukan bila saya kerja di islamic school (mampus deh..what did i do again??)- saya masih ingat kalimat pertama di essay saya " I have no previous experience that make me better that other candidates especially on islamic school, but i can assure you i'm more than glad if i can make a positive changes in these program...."

Dan pulanglah saya, tapi saya gak langsung masuk ke kantor lama saya, malahan ke showroom dan cerita sama temen baik saya...yang selalu terkaget-kaget dan menertawakan apa yang saya lakukan. Waktu itu Ronny juga masih ada(may God rest his souls) dan bilang, saya memang orang iseng dan paling nekat yang pernah dia kenal...saya cuman senyum-senyum gak jelas.

Lalu karena sudah sore, saya pikir saya mau langsung pulang....dan dalam perjalanan pulang itu saya ditelpon m'Diny dan she said the sentences that change my whole entire life...."setelah test tadi, Tita kami tunggu utk penandatangan kontrak....". Jujur perasaan saya senang...tapi juga kuatir, what kind of job wait for me.

Besoknya saya langsung tulis surat resign, langsung cabut gak peduli nasib kantor yang lama. Dan minggu depannya saya mulai masuk kantor, dikenalkan ke setiap staff -yang pertama Mas David(nice person, tapi kayaknya tengil deh. and garing...emang iya....), terus Mas Deny(wah diem banget ya...senyum-senyum...kayaknya santun-padahal setelah tahu aslinya..please deh...), lalu Mbak Ida(wah...berkerudung pula orang ini...pasti udah hebat banget neh..and cerewet banget), lalu Mbak Ningsih (wah helper yang baik...pinter masak, keibuan lagi....).

Tentu saja Mbak Diny(salah satu orang yang memberi saya kesempatan untuk berubah...baik, sangat senang berbagi ilmu, kakak yang baik). Then here we go, my first week...dengan segala induction yang pernah ada. Induction pertama tentang CPP dong....dua hari penuh euy, berikutnya finance and logistic yang disampaikan penuh dengan tidak ada niat oleh Mas David dan Mas Deny yang lebih banyak hahahihihi, lalu berikutnya tentang program yang disampaikan oleh Mbak Diny(gua takut berat euy.....tapi ada rasa ingin belajar yang lebih besar gitu)

Terus setelah digodok dan sempet ditinggal sama mbak2(Mbak Diny and Mbak Ida), dan langsung disuruh atur2 jadwal baseline survey ke delapan Madrasah.....jadi bayangkan, saya sudah gak tahu apa-apa, disuruh atur jadwal, kirim undangan ke madrasah-madrasah itu, and sekalian memperkenalkan diri. So here i go, mengantar undangan dan kenalan(masih ingat drivernya Pak Parman-yang keliatan galak dan badannya gede, gak pernah senyum, diem aja selama perjalanan....tapi setelah kenal baikkkkkkkkkkkkkkkk bangetttttttttt dan sayang bangeeeeeeet sama kita di LAPIS.....)

Kenalan deh sama madrasah-madrasah yang jadi partner, banyak yang kayaknya gak terlalu seneng sama penampilan luar....harus diubah, itu kata-kata yang keluar dari hati saya. So sorenya saya pergi ke salon langganan, rapiin rambut make it normal.

Lalu, setelah itu datanglah saat saya harus mengantar undangan ke salah satu madrasah yang tempatnya nun jauuuuuuuuuhhhhhhh di ujung dunia, namanya MIS Darun Nasyiin, untung waktu itu ada Mbak Yuyum (orangnya baeeek, ribut, ribut.....tapi mau bagi2 ilmu juga) dan Mbak Ida(yang sudah kembali dari pelatihan). Wah....wah, tempatnya gak terbayangkan...(will continue....with pics ya!!)

4 comments:

D said...

hmmm... keep on that spirit!!

D said...

hmmm... keep on that spirit!!

Esa said...

Nah Ta... bener kan kata gue, pengalaman, penampilan and semua kepintaran aja ga cukup untuk keterima kerja. Jadiii... selain usaha, anugerah Tuhan juga perlu untuk dapat kerja!!

setangundhul said...

Wong bunga bakung di padang aj diberi keindahan kok masak manusia kagak. People are judged on what they can do, not what they are capable of doing nor how they look. That is what I keeep in mind