Monday 2 July 2007

Yang Pertama itu........

Yang namanya pertama pasti membuat bingung. Kadang gak bisa dilupakan, kadang menjengkelkan, kadang malu maluin, kadang manis, kadang gak enak etc.
Hari pertama kerja setelah fresh graduated, rasanya pengen keluar hari keduanya. Hari pertama dapat tamu bulanan , Gaji pertama, Masuk sekolah pertama…gak kebayang rasanya. Sampe ada cinta pertama yang konon susah dilupakan ( katanya… ), apalagi first kiss....hmmmmmm !!
Dan pasti yang pertama itu harus bisa memberi pelajaran buat kita mau apa untuk kedua, ketiga dan seterusnya….. rencana yang lebih baik, kalo bahasa reportingnya : lesson learned !!!
Dan kali ini pengalaman pertama ku… Bukan ttg Bangkok tapi ttg 10 hal YANG PERTAMA..

1. “Biasa aja mbak..!” kata penjepret pas poto passport pertamaku gara gara aku terlalu narcis buat gaya waktu pas photo , akibatnya hasilnya jadi mati gaya deh. Sesampainya di meja wawancara yang ditanya bukan lagi ttg kewarganegaraan atau tujuanku bikin dokumen warna hijau itu, tapi udah punya pacar belum, kapan kawin ?? Please deh pak.. ( toh bagiku itu masalah pilihan hidup !! )
2. Menuju ke bandara dengan orang orang tercinta, suporternya gak kalah dengan rombongan umroh.
Sesampainya di pesawat bermaskapai penerbangan asing itu, semua pramugari ngajak omong bahasa Thai, hahh…..@#$%^. Duduk bersebelahan dengan seorang ibu , profesor sebuah universitas terkemuka jakarta, dia bercerita ttg apa yang dia tahu dan pendapatnya ttg nGO ( mungkin dia ingat munir orang lsm yang diracun dan ada hubungannya dengan penerbangan int. :p ). “Untung “..dalam hatiku ketemu orang orang seperti mereka yang udah biasa keluar masuk negeri orang. Jadi aku ngikut aja.. meski mereka sempat salah arah juga!!

3. Akhirnya sampai juga di bandara kota Bangkok..sangat millennium. Pas turun dari pesawat rasanya seperti diringi musik musik pantai kayak Leonardo di caprio di film Beach, Wah serasa dehh…
Dan naik taxi menuju hotel yang telah ditentukan.. SENDIRIAN dan PERTAMA..huifhh..…jadi ingat cerita tita dan evi ( yang pernah ke Bangkok duluan ):: ‘kalo taxi drivernya gak berbahasa inggris’. Sampai didalam taxi dah duduk dengan santai, sopirnya nanya nanya sedikit aku jawab sedikit dengan agak underestimated gitu ( mengingat cerita tita dan evi tadi ). Tapi lama lama dia banyak bercerita.... oh my GODness ..His english is much more better than me!! Dan sekali lagi dia orang kedua yang mengira aku adalah thailand!!

4. Masuk di kamar hotel, mandi dan berendam . Masuk hotel begini, jadi kerasa sepi tanpa teman teman..dan kebayang ladies talked di sofa kedai kopi … ttg rencana yang PERTAMA. Ach…kupikir tak salah pilihan ku ttg yang pertama itu, gals..!!
5.
Pagi hari PERTAMA workshop training …....akhirnya ketemu orang satu bangsa di sini. Ketemu bang del yang sudah pernah kutemui, trus kenalan sama bang irfan dan akhirnya ketemu dan kenalan dengan dr. endang (ooo..?#$%^&).
Oh iya tentang training ini, Sekitar setahun yang lalu ketika aku masih bergabung at my previous organization, sempat kutanyakan pada advisor ku dari negeri Paman Sam, tentang apa saja activitas program nutrisi dalam keadaan emergency, Tapi unfortunately beliau tidak punya jawaban dengan pasti karena mungkin dia lebih concern ke development areal waktu itu. Tak kusangka aku dapat jawaban terbaik dari pertanyaanku itu selama seminggu ini di bangkok!! ( sekali lagi bukti kalo DIA sayang aku dan menjawab semua inginku tepat waktu)
6. Sore hari selepas training, Jalan jalan bareng temen temen lain, membuat aku belajar ttg budaya dan apa yang terjadi dinegara lain. Dan tentu saja kebiasaan tiap tiap peserta ttg SHOPPING!!
7. Melewatkan malam menyusuri Bangkok dengan jalan kaki, capeek deh… akhirnya pilihannya jatuh pada tradisional massage. Here we come, Thai massage….Arrghl..Sakit pundak dan leher belakang yang sudah lama kurasakan, aduh mama sakittttttt !!!
8. Last Day, Untung ada bang Irfan!!! Karena kami bertiga yang berasal dari negeri rayuan gombal ups.. rayuan pulau kelapa ini terdiri dari 3 tempat yang berjauhan dan berbeda maka aku memilih menghabiskan malam terakhir itu dengan ke dua abang abangku itu. Setelah puas berjalan kaki, kami nggak ingin melewatkan malam terakhir di Bangkok kali ini begitu saja. Pilihannya jatuh pada phat phong. Setauku itu tempat para transeksual aja ( kayak di web nya ), tapi tak tau kenapa tiba tiba bang del ajak masuk ke pertunjukan yang menurutku sangat mahal tiket masuknya. Awalnya aku gak ngerti dan belum yakin mau masuk, mengingat hanya aku cewek diantara mereka berdua. Masuk keruang yang agak remang remang dengan musik mendayu, kupikir masih seperti tempat bling bling biasa. Tapi,……..O.M.G.P.D.A ( Ouww My GOD Please Dech Ach )!!!(tiiiiiiit..sensor). Akhirnya kami tinggalkan bang del sendiri, sementara aku dan bang irfan keluar, karena its not interesting anymore. Dan itu adalah pertunjukan tak beradab PERTAMA yang pernah kulihat, pengeksploitasian wanita secara biadab!!!.

9. Dan kami tidak menemukan bang del..( atau sengaja untuk tidak menemukannya?? hehe). Bercerita sambill menikmati Bangkok dengan bang irfan, membuka cakrawala lain tentang saudara saudaraku di serambi mekah, cerita yang sama seperti ketika avelino juga andre ( !@#$%^!*+=&^ ) bercerita tentang st cruise di timor leste waktu itu. Aku merasakan aroma ketidakpuasan yang sama yang pernah diceritakan teman teman dari timor tentang masa lalu dan menipisnya rasa nasionalisme mereka, sama persis dengan padamnya semangat beberapa orang aceh tentang indonesia.

Huuh…
Every thing that I was felt for a week in Bangkok , membuat aku tau ternyata aku sangat mencintai negeriku, merindukan rumahku, teman temanku dan memilih untuk tetap membiarkan pria pribumi itu tetap menganggu mimpiku seperti sebelum2nya dan tetap menempati urutan KEDUA di hatiku ( setelah Leonardo Di Carpio tentunya!!!!)

7 comments:

Esa said...

OhmyGod, Diaaaan!

Ga nyangka kamu punya bakat nulis yang seru dan sanggup bikin aku ngakak. Luar biasa...

Tita_r said...

wuahahhahahhaha..keren2 ceritanya..two thumbs up utk mbak dian!!!

and yap..aku setuju banget, sejauh2nya kita pergi and liat segala hal yang bling-bling di negeri orang..lebih asik di negeri sendiri..walaupun harus berjuang!!!

HIDUP INDONESIA!!!

Unknown said...

D, nona cantik manis imut yang kulihat waktu aku diwawancara ke LSM tempat aku ketemu dia pertama kali.
Ramah, murah senyum, eh ternyata pintar jua.. what a blessed fm God.
D mmg pandai nulis apalagi tg herself journey, hm..ga cukup 2-3 A4 dipake.
Tulis yang banyak lagi ya, biar walo jauh msh tetap teras dekat dgn tulisan lucu kamu,

Sun pipi kanan kiri dari Angel-eve..

Unknown said...

teryata D bisa juga nulis yang banyak and dah bisa bercerita, setauh aku setiap kali di ajak cerita pasti banyak lupanya, dari cerita yang seharusnya sejam bisa jadi cuma semenit, heheheheheh
kalau masalah yang satu itu kita pasti jadi musuhan ( rival dari leonard d caprio) hahahhahah, karena aku juga mau

miss u, nulis lagi yach

D said...

hidup bangsaku ya ta n vi...hihihi.mana potonya??perjanjiannya harus rajin rajin nulis kan?

Kak rusli, Sun pipi kiri kanan jua buat a-e, jaga diri dan jaga dia ya..kasih kabar always!!

inaaaa...butul sekali...makanya dulu ina n kak ida sering protes kalo D jadi spionase ya karna bukan informan yang baik :)..

kiss for u all..

Cut Farhani said...

Waaaaaaahhhhhhhh cerita nya seru.... ternyata kamu punya bakat nulis komedi juga ya... aku suka bacanya....
selamat berkarya.....

toni ahmad said...

Waduh..100x!!
ternyata kamu kemaren ngilang itu ke Bangkok ya?? pantes ga beredar..
tapi Dee emang Hebat bisa Terbang!!
Congratz atas karyanya...
Salam buat Mas Leonardo di Caprio, dia masih utang 25.000 taun lalu