Monday 24 September 2007

Masa Kecil dan Cinta Orang Dewasa

Semua orang pernah kecil, coba aja bayangkan bagaimana rasanya mengeluarkan seorang Evi dari perut ibunya kalo dia langsung segede sekarang? C'est impossible!

Ketika aku sedih, aku seringkali berharap aku menjadi anak-anak. Apa sih yang mereka pikirkan? Mereka tidak perlu memikirkan boss yang ga asik, ga perlu berurusan dengan temen yang nyebelin, kerjaan yang monoton, keluarga yang demanding, termasuk pacar yang... ga dapat-dapat!!

Masa kecil... dengan baju yang seadanya, Tita malah punya foto yang ga punya baju ketika dia berumur 6. Di meja temen baiknya. Masa kecil, dengan semua permainan tradisional itu, bermain lumpur, lompat tali, gobak sodor, masak-masakan dan menjual. Masa kecil dengan semua makanan jajanan yang sekarang pasti susah dapatnya, coklat ayam, permen pedes, kue-kue dengan gula keringnya, permen rokok, telur cicak... termasuk permen payung. Ketika kecil, kita sering kali ingin cepat-cepat besar. Aku ingat, ketika berumur 6 tahun dan dua bulan lagi akan ulang tahun ke-7, aku selalu meng-claim diriku sudah 7. Padahal secara ilmu kependudukan dan survey, kita masih dianggap 6.

Lalu kita besar. Menjadi orang dewasa secara hukum (meski kadang kita bersikap seperti anak kecil di umur dewasa). Kita jatuh cinta. Lalu kita terluka. Kita malah sekarang dengan sangat sadar mengurangi umur... kalo belum harinya, masih ngaku umur yang kemaren. Temen saya, yang berulang tahun hari ini malah bilang dia berumur 26B, karena menurutnya 27 itu menakutkan. Temen saya yang lain, bilang 42 itu menakutkan, sudah dekat dengan 50.

Pagi ini, aku mendapat pengalaman kalau masa kecil yang bahagia itu bisa diwujudkan dalam cinta orang dewasa. Cinta yang tidak pake syarat, yang terus mencintai, meski yang dicintai menjatuhkan cintanya pada orang ga asik, tidak tau berterima kasih dan... ah sudahlah! Cinta yang terus diberikan, meski yang dicintai masih dalam kebimbangan dengan apa yang dia rasakan. Cinta... yang memberikan kenangan masa kecil dalam bentuk nyata, berupa kiriman seperangkat (bukan alat sholat) makanan tradisional masa kecil.

Ah... kisah romantis selalu membuatku terharu.

Masa kecil itu pastilah sedang meloncat keluar sekarang... bersama mainan yoyo, permen davos, coklat rokok, permen payung... ah... masa kecil itu, kebahagian masa kecil itu ternyata belum hilang ya.

Tiba-tiba saja aku menjadi sentimentil begini ya...

Senang bisa melihat kalau banyak cinta tulus, cinta sejati di sekitar kita, di tengah-tengah ketidakjelasan yang sering kita temui. Dia... membawa rasa bahagia masa kecil itu, tanpa harus menjadi kekanak-kanakan.

Rasanya... begitu nyata, tapi juga... sulit dipercaya!

Hari ulang tahun itu selalu menyenangkan ya Ta. Tapi aku yakin... hari ini pasti luar biasa. Amat sangat. Aku percaya kamu luar biasa bahagia. And I'm happy for you.

Happy birthday, Ta! Happy birthday. Tiba-tiba aku sudah tidak sanggup menulis lagi. Percaya satu hal: cinta itu ada. Cinta sejati itu ada... dan kamu sudah membuktikannya. Terlepas dari apa akhirnya... setidak-tidaknya kamu beruntung bisa merasakannya.

Again, happy birthday, dear!!

2 comments:

Tita_r said...

Wah vi..gua nanggis lagi...gua jadi sedih dan bahagia banget....bahagia bahwa Tuhan blessed me with great friends like you and each everyone of you.

Gua tau..kadang hati kita masih dalam kebimbangan, dan orang yang selalu ada untuk kita..akan selalu tetap jadi orang yang bersedia meminjamkan shoulder-nya for us to cry when we feel down.

Tapi, iya aku bisa merasakan apa yang namanya unconditional love. Sesuatu yang lucu dan sering dipandang remeh...padahal itulah yang membuat kita semua get through our day...


Untuk teman-temanku yang mengajari saya banyak hal..thanks a million..you have no idea what will i be without you all.

D said...

Kesanku buat pria pemberani itu.."romantis dengan caranya..." dan aku jadi ingat masa kecilku(permen cicak,coklat payung dengan Rp 25 ....kemana uang itu sekarnag ya..)
dan masa remaja dengan coklat ayam di puncak gunung ( another romantic gift at romantic moment from a great man with his own way! )

happy happy happy happy birthday titaaa........... "Semoga Tuhan melindungi kamu serta tercapai semua angan dan citamu, di beri umur panjang, sehat selama lamanya".......
just tell the man who give a romantic gift in this morning... tell him you need him too!!!
or tell him we available too..(..heeeeeeeee)